logo

Penyebab Pakaian Melar dan Menyusut Saat Dicuci

Ilustrasi Kaos polos

Tapada.co.id – Anda sering mengalami pakaian melar dan menyusus saat dicuci? Jika iya, Simak pembahasannya berikut ini.

Mencuci pakaian bertujuan membersihkan pakaian dari keringat, kotoran, dan noda. Namun, terkadang mencuci pakaian dengan cara yang salah dapat menyebabkan pakaian melar.

Melansir dari Kompas.com, Mary Gagliardi, ilmuwan dan ahli kebersihan Clorox, mengatakan mencuci pakaian dengan mengikuti petunjuk pada label perawatan pakaian dapat menjaga pakaian tetap dalam kondisi baik dan bersih.

Namun, ada berbagai penyebab pakaian melar dan menyusut saat dicuci. Berikut ini penjelasannya. 

Menurut Gagliardi, jenis serat adalah alasan utama yang menyebabkan pakaian melar.

Pakaian dengan material serat bulu hewan alami seperti wol dan kasmir juga menyerap kelembapan yang membuat pakaian tampak lebih kecil setelah basah atau menyusut. 

Alasan lain pakaian bisa menyusut berkaitan dengan seberapa besar ketegangan benang saat kain ditenun, dirajut, atau saat diproses dan kualitas pakaian secara keseluruhan. Secara umum, pabrikan dengan kualitas lebih tinggi menggunakan hasil akhir khusus dan teknik produksi untuk mencegah penyusutan.

Mencegah pakaian melar dan menyusut 

Ada beberapa cara mencegah pakaian melar dan menyusut seperti menurunkan suhu pencucian dan pengeringan udara, terlebih untuk pakaian dengan material katun. 

Kain ringan yang kurang kokoh harus diletakkan rata hingga kering. Selain itu, hindari menggantung pakaian dengan material berat karena dapat membuat jahitan bahu robek atau meregang. 

Namun, jika pakaian sudah telanjur melar dan menyusut setelah dicuci, Anda bisa melakukan hal ini untuk mengembalikan bentuk pakaian ke semula meski tidak sempurna.  

  • Isi wastafel atau bak mandi dengan air hangat dan tambahkan sebotol sampo bayi, kondisioner rambut, atau sabun cuci yang diformulasikan untuk siklus halus. Ini adalah detergen terbaik untuk mencuci pakaian melar. 
  • Rendam pakaian hingga 30 menit untuk melonggarkan serat.
  • Keluarkan pakaian dari air dan peras perlahan air dari pakaian, tetapi jangan bilas.
  • Letakkan pakaian di atas handuk datar dan gulung, remas dengan lembut sampai pakaian lembap serta tidak basah.
  • Letakkan pakaian di atas handuk datar kering lainnya, regangkan perlahan kembali ke ukuran yang sudah menyusut.
  • Setelah itu, biarkan pakaian mengering dengan sendiri. 

Sumber: Kompas.com

Tinggalkan komentar