logo

Mengenal 10 Teknik Sablon kaos yang Perlu Kamu ketahui

Tapada.co.idSablon adalah salah satu cara mendesain baju kaos karena prosesnya yang tidak terlalu rumit dan biayanya yang terbilang terjangkau.

Teknik Sablon Kaos ternyata memiliki banyak sekali teknik yang bisa digunakan. Masing-masing teknik memiliki keunikan tersendiri, itulah yang menjadi alasan kenapa sampai saat ini masih banyak yang suka pada hasil sablon koas.

Jenis sablon pada baju terbilang beragam dan memiliki keunggulan yang berbeda-beda.

Berikut Teknik Sablon Kaos yang sering digunakan untuk menyablon baju

1. Sablon Pigmen

Teknik sablon kaos pigmen ini hanya bisa dilakukan pada kain yang berwarna terang. Pigmen yang digunakan memiliki sifat menyerupai tinta yang akan langsung menyerap ke serat-serat kain. Sayangnya, teknik pigmen tak dapat dilakukan pada kaos berwarna gelap karena warna pigmennya akan kalah dan hasil sablon kurang maksimal. Jenis sablon ini lebih kaku namun tidak mudah lepas dari kain kaos. Sablon ini juga sangat diminati banyak orang.

2. Sablon Glitter

Selain sablon Pigmen, sablon glitter juga digemari karena hasilnya yang berkilauan dan tampak menarik. Teknik sablon kaos ini dikombinasikan dengan penggunaan bahan khusus yang dapat menghasilkan efek mengkilap pada tinta sablon.

3. Sablon Plastisol

teknik sablon kaos
Hasil sablon di Tapada sablon kaos Makassar dengan teknik Plastisol

Bahan dasar teknik sablon kaos ini adalah PVC yang daya rekatnya sangat kuat. Teknik ini termasuk teknik paling mahal karena dapat mencetak raster dengan ukuran sangat kecil. Proses pengeringan sablon plastisol harus menggunakan alat khusus untuk mencapai temperatur 160 derajat Celcius. Sablon ini memiliki karakteristik hasil sablon yang tebal dan tahan lama.

4. Sablon Rubber

Sablon rubber juga dikenal dengan istilah sablon karet. Jenis tinta yang digunakan sangat pekat dan akan membentuk tekstur mirip karet yang menutupi permukaan kain. Selain cocok digunakan pada kain berwarna gelap, bahan sablon rubber juga cocok dipakai sebagai sablon dasar sebelum kain disablon dengan teknik lainnya. Hasil sablon rubber memiliki sifat elastiss dan lembut saat dipegang.

5. Sablon Flocking

Teknik sablon flocking biasanya menggunakan bahan tambahan berupa beludru yang ditempelkan dengan bahan perekat tertentu. Sablon flock memiliki keunikan hasil sablon yang timbul.

Ada dua jenis bahan tambahan yang digunakan pada teknik sablon kaos ini, yaitu lembaran dan bubuk. Bahan lembaran biasanya direkatkan dengan mesin press agar hasilnya dapat melekat kuat.

6. Sablon Glow In The Dark

Banyak orang menggemari hasil sablon dengan teknik sablon ini karena menghasilkan desain yang dapat menyala terang jika dipakai dalam tempat yang gelap. Untuk mendapatkan kesan glow in the dark, proses sablon melibatkan bahan fosfor sebagai campuran utama yang fungsinya menyerap energi dan memancarkan cahaya.

7. Sablon DTG

Sablon Direct To Garment (DTG) diproses dengan cara langsung mencetak gambar pada permukaan kaos. Proses sablon DTG tidak dilakukan secara manual seperti jenis sablon lainnya, melainkan menggunakan teknologi mesin printer canggih.

8. Sablon Polyflex

Pada teknik sablon polyflex, Ada dua proses sablon yang dikenal di pasaran, yaitu cutting dan printing. Proses cutting dapat membentuk desain tulisan atau gambar dengan mesin cutting. namun, proses ini tidak bisa menghasilkan desain full color atau gradasi warna. Sedangkan proses printing lebih modern dan praktis karena melibatkan mesin printer untuk mencetak desain aneka warna.

9. Sablon Foil

Selain sablon glitter yang menghasilkan kesan mengkilapada pula sablon foil yang tak kalah menarik. Proses penyablonannya menggunakan lapisan logam yang ditempelkan dengan perekat khusus. Hasilnya, baju akan tampak mengkilap dan jernih. Teknik sablon kaos ini hampir sama seperti Flocking, hanya saja bahan yang digunakan berbeda

10. Sablon 3D

Teknologi dunia sablon yang terus berkembang menghasilkan inovasi berupa sablon 3D. Teknik sablon unik ini membuat gambar tampak lebih hidup karena bisa dilihat dari tiga sudut pandang sekaligus. Konsep sablon 3D menggabungkan beberapa gambar agar dapat menghasilkan efek yang lebih nyata.

Nah itulah 10 teknik sablon kaos yang banyak digunakan saat ini, semoga informasi diatas bermamfaat buat kamu. Jika kamu butuh layanan sablon kaos dengan kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau, segera hubungi Tapada Sablon Kaos Makassar #Juaranyakualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *