logo

Kenali 7 Keunggulan Tinta Plastisol Untuk Sablon Kaos

plastisol ink

Bagi kamu yang ingin membuat baju dengan menggunakan tinta plastisol, yuk kita kenali dulu karakteristik dari tinta yang satu ini.

Tinta plastisol merupakan salah satu jenis tinta yang pastinya sabloners sudah sering dengar atau mungkin pernah pakai sebelumnya.

Plastisol adalah salah satu jenis tinta sablon terbaik yang paling banyak direkomendasikan dalam dunia sablon kaos. Tinta ini berbahan dasar minyak yang memiliki kepekatan yang cukup kuat sehingga hasil sablon yang dihasilkan memiliki warna yang cerah dan menkilap.

Tinta Plastisol memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh varian tinta sablon lainya yaitu sifatnya yang Bandel atau tidak mudah kering di screen dan sangat cocok di aplikasikan untuk design yang detail berupa dot-dot kecil serta raster kecil.

hasil sablon menggunakan tinta plastisol

Berikut Beberapa Keunggulan Tinta Plastisol

1. Tinta tidak mudah kering

Sifat tinta yang demikian tentu menguntungkan dalam produksi dikarenakan produksi tidak perlu khawatir tinta akan menyumbat pori-pori screen.

2. Hasil sablon yang dihasilkan memiliki texture yang rapat dan cerah

Kualitas dari tinta ini sangat baik saat diaplikasikan pada kaos dan warnanya yang nampak lebih rapat, cerah, menkilap, juga tidak cepat luntur.

3. Tinta menyerap ke serat kaos

Hasil sablon lebih awet dan dan menempel erat pada kaos karena tinta jenis plastisol akan menempel pada serat kaos.

4. Tahan lama

Keunggulan lain dari tinta plastisol adalah memiliki ketahanan warna yang cukup lama meskipun dicuci sampai berkali-kali.

5. Pilihan warna bervariasi

Tinta ini memiliki pilihan warna yang sangat bervariasi, mulai dari yang berwarna transparan hingga warna yang sangat gelap.

6. Tidak mudah retak dan mengelupas

Selain gambar yang cerah, hasil sablon dengan tinta plastisol juga tidak mudah retak dan mengelupas meskipun telah dicuci hingga berkali-kali.

7. Limbah sisa tinta sangat minim

Dikarenakan sifatnya yang tidak mudah kering sehingga sisa tinta plastisol dapat dimasukkan wadah dan disimpan kembali.

Meskipun tinta ini kemiliki banyak keunggulan, tetapi tidak ada produk yang sempurna. Tinta Plastisol juga memiliki kekurangan yaitu hasil sablon tidak sehalus waterbase, kurang cocok untuk proses heat transfer, susah dikeringkan, Pengering membutuhkan daya listrik yang besar, dan Kain yang digunakan harus yang tahan panas.

Selain itu, harga untuk tinta jenis ini tergolong sedikit mahal dibandingka tinta lainnya. Perawatan kaos dengan sablon plastisol juga perlu perawatan yang lebih ekstra, misalnya area sablon plastisol tidak boleh terkena setrika karena akan meleleh dan lengket. 

Nah, itulah beberapa keunggulan dan kekurangan menggunakan tinta plastisol sebagai tinta untuk sablon kaos. Jika anda ingin mencari tempat untuk sablon kaos yang menggunakan tinta plastisol, Segera hubungi kami Tapada Indonesia Spesialis sablon kaos berkualitas.

Untuk melakukan pemesanan atau konsultasi seputar sablon kaos, segera hubungi kami melalui kontak di bawah ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *