logo

9 Jenis Screen Sablon Berdasarkan Kerapatan T(x) dan Kegunaannya

Jenis Screen Sablon – Jika kamu bergelut di bisnis sablon kaos, kamu harusnya tidak asing dengan screen yang digunakan untuk proses menyablon.

Screen sablon terdiri dari dua bagian, yaitu bingkai (frame) dan kain screen (kasa). Screen merupakan salah satu alat utama dalam proses cetak sablon  yang akan di gunakan sebagai master cetakan. Bingkai pada screen sablon biasanya terbuat dari kayu atau alumunium.

9 Jenis Screen Sablon Berdasarkan Kerapatan T(x)

Dibawah ini adalah jenis ukuran screen yang digunakan untuk sablon dan kegunaannya. ukuran screen biasa disebut Thick disingkat T yaitu kerapatan pada anyaman benang-benang screen.

jenis screen sablon
Sumber gambar : Medium.com

Screen T 48

Screen kasar ini memiliki lubang pori-pori cukup besar, sehingga mampu menyalurkan tinta dalam jumlah yang cukup banyak dan tebal. Biasanya screen jenis ini digunakan untuk media handuk, selimut, karpet, karung.

Screen T 61

Jenis Screen Sablon T 61 memiliki ukuran lubang pori-porinya juga lumayan besar maka baik digunakan untuk sablon pasta rubber/karet pada warna kedua pada kaos, juga biasa dipakai sablon dengan teknik foaming (sablon untuk mendapatkan ketebalan tertentu).

Screen T 77

Screen T 77 digunakan untuk menyablon kaos dengan menggunakan tinta Extender terutama untuk desain yang besar, baik juga digunakan untuk membuat cetakan spanduk.

Screen T 90

Jenis screen ini digunakan untuk menyablon kaos dengan tinta Extender terutama untuk desain yang kecil atau desain raster, baik juga digunakan untuk kain tekstil yang bertekstur halus seperti kain saten, peles dan sutera.

Screen T 120

Screen jenis T 120 digunakan untuk menyablon bahan karton, seng, kayu, kulit, dan kayu. karung plastik (glangsi)

Screen T 150

Screen T 150 digunakan untuk sablon kertas daya serap tinggi, seperti kertas Hammer, Hawai yang biasa digunakan untuk undangan.

Screen T 165

Screen ini tergolong screen yang memiliki lubang pori-pori halus, biasa digunakan untuk sablon kertas dengan daya serap rendah, baik juga untuk sablon plastik, logam dan kaca.

Screen T 180

Biasa digunakan untuk mencetak plastik dan bahan-bahan yang bertekstur sangat halus.

Screen T 200

Biasa digunakan untuk mencetak pada media plastik, kaca dengan teknik raster.

Itulah jenis Screen sablon berdasarkan kerapatan dan kegunaannya. Jangan lupa share artikel ini jika menurut anda konten yang kami buat bermanfaat. ika kamu membutuhkan Layanan Sablon Kaos yang murah dan berkualitas, jangan sungkan untuk menghubungi kami Tapada Sablon Kaos Makassar #Juaranyakualitas.

2 pemikiran pada “9 Jenis Screen Sablon Berdasarkan Kerapatan T(x) dan Kegunaannya”

Tinggalkan komentar