logo

Mengenal Karakter dan Jenis-jenis Tinta Rubber

Jenis-jenis tinta Rubber yang digunakan dalam proses sablon kaos cukup beragam. Pada umumnya jenis-jenis tinta rubber yang dikenal yaitu putih, netral dan transparan. untuk lebih mengenal jenis-jenis tinta rubber, simak ulasan berikut ini.

Sablon Rubber merupakan salah satu jenis sablon yang dilakukan dengan menggunakan tinta Rubber. Rubber dalam bahasa Indonesia artinya yaitu karet. Hasil sablon yang dihasilkan dengan menggunakan tinta ini memang memiliki sifat yang mirip dengan karet atau Rubber. Hasil sablon dengan menggunakan tinta Rubber memiliki elastisitas yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan menggunkan jenis tinta sablon yang lainnya.

jenis-jenis tinta rubber

Tinta Rubber atau karet merupakan salah satu tinta yang cukup populer digunakan pada sablon kaos. Jenis tinta rubber yang banyak dipakai adalah waterbase atau larut dalam air. Sebenarnya cukup banyak merk tinta rubber yang terdapat di pasaran seperti Matsui, Ant-Ink, LA, GK, dan lain sebagainya. Umumnya tiap merk tersebut diproduksi 3 jenis tinta Rubber yaitu putih, netral dan transparan.

Karakter dan Jenis-jenis Tinta Rubber

1. Tinta Rubber Putih/White

Seperti namanya, tinta rubber white atau putih mempunyai warna putih siap pakai yang dapat digunakan untuk sablonan ber warna putih tanpa ditambah pigmen atau pewarna. Tinta jenis ini cocok digunakan untuk menyablon pada kain gelap atau sebagai dasar untuk warna lain. Rubber white juga biasa digunakan untuk menghasilkan warna-warna muda dengan mencampurnya dengan pewarna atau pigmen.

2. Tinta Rubber Netral

Rubber netral merupakan perpaduan antara rubber transparan dan sedikit rubber white, komposisinya antara 80:20 atau mungkin berbeda-beda pada tiap-tiap merk tinta. Rubber netral dicampur dengan pewarna untuk menghasilkan warna sesuai yang diinginkan baik warna terang maupun warna gelap. tinta ini cocok digunakan untuk menyablon kain berwarna terang maupun gelap.

3. Tinta Rubber Clear/Transparan

Rubber transparan merupakan rubber yang memiliki karakter transparan. Tinta ini cocok digunakan pada sablon sparasi (CMYK). Rubber transparan dicampur pewarna bagus untuk menyablon kain yang berwarna putih, akan tetapi untuk menyablon pada kain warna gelap baiknya kain diberi dasaran sablon putih agar menghasilkan warna sablon yang lebih maksimal. Rubber transparan juga dapat digunakan untuk membuat kaos Glow in The Dark dengan mencampurnya dengan fosfor.

Pabrikan tinta rubber dengan merk masing-masing pada umumnya mengeluarkan tiga jenis rubber di atas, sehingga dengan mengenal karakter tiap jenis-jenis tinta rubber seperti yang telah dijelaskan di atas kita lebih tahu jenis tinta rubber yang sesuai dengan kebutuhan sablon.

Demikian beberapa ulasan singkat tentang jenis-jenis tinta Rubber, semoga menjadikan inspirasi bagi pembaca sekalian. Jika kamu membutuhkan Layanan Sablon Kaos yang murah dan berkualitas, jangan sungkan untuk menghubungi kami Tapada Sablon Kaos Makassar #Juaranyakualitas. Kami juga menyediakan berbagai alat dan bahan sablon dan melayani pemesanan dari suluruh daerah di Indonesia.

Tinggalkan komentar