logo

Apa itu Sablon? Pengetahuan Dasar Untuk Belajar Sablon

Sablon merupakan cara mencetak dalam berbagai media seperti baju kaos, kertas, plastik, kaca, kayu dan lain sebagainya dengan memanfaatkan perlengkapan bantu berupa screen sablon (ataupun kerap pula disebut film sablon). Kegiatan menyablon sekilas nampak gampang serta simpel, pada prakteknya menyablon memerlukan keahlian spesial untuk memperoleh hasil yang berkualitas.

sablon kaos

Dalam melakukan proses sablon, terdapat teknik-teknik yang biasa digunakan. Untuk mengetahuinya, kamu bisa melihat tulisan kami sebelumnya tentang Teknik Sablon kaos yang Perlu Kamu ketahui.

Langkah – Langkah Belajar Sablon

1. Setting Pecah Warna untuk Screen Sablon

Sablon banyak diimplementasikan dalam banyak media seperti kain, plastik, kertas dan sebagainya. Pilihlah spesialisasi media yang ingin dikerjakan misalnya kaos, sablon kaos sendiri terdapat banyak teknik dan hasilnya pun juga bervariasi.

2. Pencucian Screen Sablon

Dalam tahap pengenalan sablon Anda bisa mengawali dengan melihat-lihat dulu di industri sablon terdekat yang ada di daerahmu, atau bisa juga dengam mencari informasi di internet seperti Google dan Youtube. Amatilah apa saja peralatan yang terdapat di situ kemudian kenali satu per satu apa kegunaannya, hal ini akan mempermudah pembelajaran karena sudah tidak asing dengan bahan/alat sablon.

3. Mulai dengan Meja Sablon Sederhana

Terdapat banyak jenis meja yang bisa Anda gunakan untuk menyablon, tetapi jika Anda dalam proses belajar, lebih baik gunakan jenis meja sablon yang paling sederhana.

Untuk mulai pembelajaran akan lebih baik jika didampingi oleh ahli yang sudah berpengalaman, mereka yang telah mahir biasanya memiliki tips-tips yang sangat bermanfaat. Anda juga bisa belajar otodidak dari membaca buku, website/blog, video tutorial dan sebagainya, adapun dalam belajar sendiri/otodidak umumnya membutuhkan banyak waktu dan biaya karena kemungkinan terjadi kesalahan lebih besar daripada apabila didampingi oleh ahli yang berpengalaman.

Proses Menyablon

Secara sederhana, proses menyablon bisa di uraikan secara berikut:

1. Membuat master cetak dengan memakai screen sablon yang kita miliki.
2. Afdruk screen sablon
3. Tuangkan tinta yang disesuaikan dengan bahan yang digunakan( Contoh bahan kaos– kita sablon dengan tinta sablon kaos) diatas screen
4. Ratakan tinta di screen sablon menggunakan rakel sablon supaya bisa tersalurkan lewat lubang screen yang tidak terafdruk sehingga mencetak gambar yang kita inginkan
5. Sesudah tercetak sempurna, keringkan tinta tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *